Title:  Sabtu Malam
Posted:  Saturday, May 4, 2013 @ 10:26 PM
+
Malam Minggu atau Sabtu malam adalah waktu twitter Indonesia bagian kata "jomblo".

Malam Minggu yang jika seseorang menyebutnya dengan "Sabtu malam" maka orang itu terdikte sebagai jomblo menyedihkan.

Malam Minggu, waktu yang jika seseorang tidak keluar rumah maka niscaya dia juga akan dilabeli sebagai jomblo mengenaskan.

Bagi saya, ketiga hal tersebut sangat tidak relevan dengan kehidupan yang sedang dijalani saat ini. Susah banget untuk melihat alasan dibalik orang yang /hampir/ selalu menilai Malam Minggu sebagai waktu pacaran, waktu seneng-seneng bareng lawan jenis dan kalau anda tidak melakukannya, maka anda adalah manusia yang cupu, kasian, dsb.
Malem Minggu mungkin emang waktu yang paling pas buat istirahat, bareng siapapun. Keluarga, teman, atau bahkan hanya buat self-time. Tapi ngga harus tiap minggu juga kan. Sangat biasa, terutama bagi mahasiswa, untuk menggunakan Malem Minggu buat waktu ngerjain tugas. Setidaknya buat saya. Alasannya karena Hari Sabtu itu hari libur (kalau ngga ada rapat dan faktor-faktor lainnya) yang di waktu hari masih terang, kita bisa istirahat atau nyari bahan buat ngerjain tugas. Tapi pasti ngerjainnya juga selo jadi waktu malem, kita masih fresh. Ngerjain tugas juga enak (enak........).
Tapi! Pernahkah anda mantengin timeline di Malam Minggu? Saya sih sering banget (ngga cuman malem minggu). Hampir setiap malam, pasti ada aja temen yang update twitter yang bersangkutan dengan tugas. Dan hal itu biasa-biasa aja. Kecuali jika teman tersebut ngetwit di Malam Minggu. Kalau nyinggung-nyinggung tugas di Malem Minggu biasanya yang respon begini:
jomblo ya? =))
Nah abis itu orang-orang macam saya yang tipikal i-don't-give-a-s-- biasanya ditweetin begini:
"Malem Minggu? Biasa aja tuh." Kata jomblo yang lg membohongi perasaannya sendiri.
Sedih mendapati kualitas generasi muda Indonesia yang seperti ini. Huftz. Hal yang lebih mengenaskan adalah melihat banyaknya remaja-remaja jomblo yang mengasihani dirinya sendiri. Dari yang ngomong kayak ngomong "Nasib jadi jomblo, malem minggu sendirian terus". Sampe yang ngomong "Sedih banget ya jadi jomblo. Cariin pacar dong." Dari penelitian yang dilakukan oleh Maulida, rata-rata orang yang ngga punya pasangan menjadi sangat desperate untuk dapet cowok/cewek. Istilahnya "Kalo lo jomblo, lo ngga laku."
Yassalam. Melihat umur gue yang masih muda, cita-cita yang belum tercapai, belum lulus kuliah, dan faktor-faktor lainnya, yang kalau didaftar bisa sebanyak jawaban ujian akhir semester, susah untuk memahami kenapa kebanyakan temen-temen sangat resah dan tidak nyaman dengan posisinya sebagai orang yang tidak punya pasangan. Tapi, kembali lagi ke kondisi setiap orang yang berbeda-beda. Merasa beruntung menjadi orang yang tidak seperti itu. Selama ini kalau kesepian ya yang dirindukan atau dicari ya hanya keluarga dan teman. Pemikiran ini sempet membawa saya dan beberapa teman yang sepemikiran ke ide bahwa mungkin ada yang salah dengan kami. Mungkin tidak memiliki niatan untuk punya kekasih itu salah. Kita seperti orang waras yang berada di tengah-tengah kumpulan orang gila. Atau justru sebaliknya.
Saya sangat tidak bermasalah dengan orang-orang yang mengidamkan lawan jenis sebagai teman hatinya. Tapi agak risih aja dengan sikap mereka yang terkadang menjadi sangat whiny dan -kalau yang saya dan teman saya sebut- haus belaian dan kasih sayang. Risih sama orang-orang yang suka nerka "Jomblo ya?" atau "Kok kamu ngga pernah punya pacar sih?" padahal saya nyaman-nyaman aja sama kondisi sekarang.
Tapi ya.. begitulah hidup, begitulah generasi muda Indonesia.